Senin, 11 Mei 2009

KANKER VS TUMOR

Mendengar kata ”kanker” banyak orang yang merasa merinding atau pikirannya tertuju pada kematian yang segera akan terjadi. Kanker memang masih merupakan penyakit mengerikan, masih menjadi kekhawatiran banyak orang. Apalagi penyebab dan obat secara pasti belum berhasil ditemukan juga sampai saat ini. Tua-muda, bahkan anak kecil, termasuk pula kaya-miskin, pandai ataupun kurang pandai tanpa mengenal dan tanpa memilih penyakit kanker ini sanggup dan mau menggerogoti tubuh siapa saja, di bagian mana saja dan kapan saja.
Kanker sering disimbolkan dengan gambar kepiting dan bukan kantong kering, karena sifat penyakit kanker secara umum adalah pelan tapi pasti, mencengkeram kuat dan menggerogoti sel-sel tubuh dan semakin menyebar. Kebanyakan penderita kanker boleh dikatakan kurang beruntung, karena biasanya penyakit kanker baru berhasil terdeteksi setelah penyakit tersebut berada pada stadium lanjut. Saat penyakit pada posisi stadium awal belum banyak orang yang menyadari bahwa dalam tubuhnya telah bercokol bibit kanker, karena biasanya mereka tidak merasakan adanya gejala sakit atau rasa kurang enak badan. Rasa sakit atau kurang enak badan mulai terasa bila kanker memang sudah tumbuh makin membesar.
Sebenarnya, apa yang disebut dengan kanker dan bagaimana bedanya dengan tumor perlu diketahui bersama. Kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal, menyebar secara cepat. Kanker memiliki akar-akar sel yang makin lama makin menyebar dan mencengkeram bagian tubuh lainnya. Kanker dibagi dalam empat stadium, yaitu :
Stadium awal : I dan II tumbuh benjolan tidak ada rasa sakit. Pada stadium awal bila dioperasi kemungkinan sembuh masih banyak, tetapi stadium III dan IV sudah parah. Bila kanker dioperasi, kemungkinan tumbuh lagi masih ada, kemungkinan sembuh belum dapat dipastikan. Kalau sudah parah ”kemeng”, sakit seperti ditusuk-tusuk, perih, sampai tidak tertahan.
Selanjutnya, apa beda kanker dan tumor ?
Kanker itu tumbuh dan berkembangnya sangat pesat dan cepat atau biasa disebut dengan kanker ganas atau tumor ganas. Sel kanker tersebut menjalar makin meluas dan menjangkiti bagian tubuh lain. Sementara itu yang disebut dengan tumor adalah semua benjolan di tubuh, (menetap tetapi bukan jerawat, bukan payudara) tumbuh dan berkembangnya pelan biasa disebut tumor jinak.
Pengertian istilah ini menjadi salah kaprah, karena sebenarnya yang betul kalau jinak disebut tumor kalau ganas disebut kanker. Kanker itu selnya menempel kuat tidak bisa digerak-gerakkan, tetapi kalau tumor bisa bergerak-gerak. Istilah Bahasa Indonesianya kanker itu bersimpai sedang tumor tidak.
Siapa saja yang beresiko terkena kanker ?
Semua orang, semua umur, semua jenis kelamin, tentu saja dengan menyesuaikan alat / organ yang dimiliki oleh jenis kelamin tertentu, misalnya tumor rahim tidak mungkin diderita oleh laki-laki, sebaliknya tumor prostat tidak mungkin diderita oleh perempuan dan seterusnya. Kebanyakan mereka yang usianya di atas 40 tahun. Bukan berarti di bawah 40 tahun tidak mungkin terserang, tetapi orang yang umurnya 40 tahun ke atas lebih mudah terserang tumor atau kanker.
Di bagian tubuh mana tumor atau kanker berkembang ?
Semua bagian tubuh manusia sejak ujung kaki hingga ujung kepala bisa terserang tumor atau kanker kecuali dua tempat, yaitu kuku dan rambut. Kuku dan rambut merupakan bagian tubuh yang mudah terlepas sehingga untuk menyebarkan bibit kanker tidak dimungkinkan. Namun demikian, kulit dimana kuku dan rambut itu tumbuh sudah merupakan bagian tubuh yang beresiko terkena kanker.
Apa jenis kanker itu ?
Ada banyak jenis kanker yang berhasil ditemukan, namun yang populer antara lain adalah kanker leher rahim, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kandungan, kanker kulit, kanker anak, kanker hati, kanker nasopharing, kanker usus, kanker kelenjar getah bening, dan kanker otak.
Apa penyebab kanker ?
Belum diketahui secara pasti penyebabnya. Yang jelas ada faktor keturunan, pola makan yang salah, terlalu sering terpajan sinar matahari, merokok yang terus-menerus, kurang sayur hijau, terlalu sering melahirkan, berganti-ganti pasangan, dll.
Apakah tumor bisa berkembang menjadi kanker ?
Bisa, kalau tumor tersebut tidak terobat atau lebih parah lagi bila yang bersangkutan semakin berpola hidup ke arah resiko kanker, seperti : makan daging banyak-banyak kurang sayur atau buah, ada keturunan dan lain-lain.
Apakah obat kanker yang biasa digunakan ?
Sampai detik ini belum ditemukan obat yang teruji klinis untuk kanker, kecuali obat yang sifatnya masih coba-coba, mencegah, atau operasi, sinar X.
Apa gejalanya atau hal-hal yang perlu diwaspadai ?
Bila ditemukan ada benjolan yang tidak normal tetapi tidak selalu benjolan itu tumor atau kanker, waspada saja. Seperti bila ada darah keluar diantara dua waktu menstruasi, batuk yang tidak sembuh-sembuh, kebiasaan buang air besar berubah, biasanya sehari sekali tetapi menjadi berkali-kali sering mencret, sering keras, sering berdarah, berat badan turun drastis dalam waktu yang singkat.
Apa yang dimaksud dengan SADARI ?
Sadari kepanjangan dari periksa payudara sendiri. Sadari merupakan salah satu bentuk deteksi dini terhadap kemungkinan adanya kanker atau tumor yang bersarang di daerah payudara oleh pemeriksa itu sendiri. Caranya dengan meraba melalui tiga jari tangan yang dirabakan di bagian payudara dan kemungkinan adanya benjolan di sekitar payudara. Hal ini dilakukan pada payudara kanan maupun kiri. Bila ditemukan benjolan perlu diwaspadai tetapi tidak perlu ditanggapi dengan berlebihan apa lagi dengan mengatakan bahwa dirinya terkena kanker atau tumor. Sebaiknnya segera saja menindaklanjutinya dengan periksa ke rumah sakit atau medis sebagai langkah kepastian tentang kondisi fisik yang bersangkutan.
Demikian sekilas informasi tentang kanker dan tumor, semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang penyakit kanker dan cara mendeteksinya. Tentu saja setelah ditemukan hal yang mencurigakan kanker atau tumor, segera dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas atau tempat pelayanan dokter.

Penulis : Dra. Kanthi Aryekti, M.Kes
Peneliti BKKBN Prop. DIY


1 komentar:

  1. terimakasih buat artikelnya.. informasi yang sangat bermanfaat..

    BalasHapus